Minggu, 20 Februari 2011

Los Angeles Lakers

Los Angeles Lakers adalah National Basketball Association (NBA) tim yang berbasis di Los Angeles, California. Lakers memainkan pertandingan kandangnya di Staples Center, yang mereka berbagi dengan rival lokal mereka NBA, Los Angeles Clippers, Los Angeles Kings dari NHL, dan Los Angeles Sparks dari WNBA. [1] Lakers adalah berkuasa NBA juara setelah mengalahkan Boston Celtics di final NBA 2010 4-3. Kemenangan Final memberi waralaba kejuaraan ke-16 mereka, menempatkan mereka kedua dalam sejarah NBA di belakang Celtics '17. Pada 2011, Lakers adalah waralaba kedua yang paling berharga NBA menurut Forbes, memiliki estimasi nilai $ 643.000.000.
waralaba dimulai dengan pembelian 1947 tim dibubarkan, maka Gems Detroit dari NBL. Tim baru mulai bermain di Minneapolis, Minnesota, menyebut diri mereka Lakers untuk menghormati julukan negara bagian ini, "Tanah 10.000 Danau". [3] Lakers memenangkan lima kejuaraan di Minneapolis, didorong oleh pusat George Mikan, yang digambarkan oleh situs resmi NBA sebagai "superstar pertama" liga itu. [4] Setelah berjuang secara finansial pada akhir 1950-an setelah pensiun Mikan, mereka pindah ke Los Angeles sebelum musim 1960-61.
Dipimpin oleh Aula Elgin Baylor petani dan Jerry Barat, Los Angeles membuat final NBA enam kali pada 1960-an, namun kehilangan setiap seri ke Boston. Pada tahun 1968, Lakers diperoleh empat kali MVP Wilt Chamberlain untuk bermain pusat, dan setelah kalah di final pada tahun 1969 dan 1970, mereka memenangkan mereka keenam NBA judul-dan pertama kali di Los Angeles pada tahun 1972, dipimpin oleh pelatih kepala yang baru Bill Sharman. Setelah pensiun dari Barat dan Chamberlain, tim mengakuisisi pusat lain, Kareem Abdul-Jabbar, yang telah memenangkan beberapa penghargaan MVP, tetapi tidak dapat membuat Final di akhir 1970-an. Tahun 1980-an Lakers dijuluki "Showtime" karena Magic Johnson-yang dipimpin pelanggaran-cepat mereka istirahat, dan memenangkan lima kejuaraan dalam kurun sembilan tahun. Tim ini menampilkan Aula petani di Johnson, Abdul-Jabbar, dan James layak, dan pelatih Hall of Fame, Pat Riley. Dua dari mereka kejuaraan menentang saingan mereka, Celtics. Setelah Abdul-Jabbar dan pensiun Johnson, tim berjuang di awal 1990-an sebelum mengambilnya Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant pada tahun 1996. Dipimpin oleh O'Neal, Bryant, dan lain pelatih Hall of Fame, Phil Jackson, Los Angeles memenangkan tiga gelar berturut-turut antara 2000 sampai 2002, mengamankan waralaba pertama "tiga-gambut". Setelah kehilangan kedua 2004 dan 2008 NBA Finals, Lakers memenangkan dua kejuaraan lagi dengan mengalahkan Orlando Magic pada tahun 2009 dan Boston pada tahun 2010.
Lakers memegang rekor kemenangan beruntun terpanjang NBA (33), ditetapkan pada musim 1971-72. [5] Enam belas Hall of petani telah bermain untuk Los Angeles, sementara empat telah melatih tim. Empat Lakers-Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant-telah memenangkan NBA Most Valuable Player Awards untuk total delapan penghargaa.


sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar