Jumat, 11 Februari 2011

Prestasi 50 Tahun PERBASI

PB Perbasi telah mencatat prestasi olahraga bola basket Indonesia baik dalam kegiatan berskala internasional dan regional yang pernah diikuti Indonesia, atau yang pernah digelar di Indonesia. Daftar di bawah ini disusun dengan pilihan dalam event internasional dan regional semata-mata untuk menunjukkan bahwa dunia basket kita memang sudah diakui luas sejak tahun 1951-2001. Dari tahun 2002 ke 2008, akan disusun tersendiri kemudian.
 
1958
·    PUTRA Indonesia tampil pada Asia Games III di Tokyo, Jepang. Pelatihnya saat itu adalah J.C Aultman dari Amerika Serikat.
 
1960
·    INDONESIA hanya duduk di posisi keenam dari tujuh peserta Kejuaraan Asia I di Manila, Filipina, Indonesia hanya mencetak sekali kemenangan atas Malaya (Malaysia) 98-76.
 
1962
·    INDONESIA duduk diperingkat lima Asia Games IV di Jakarta. Gelar juara direbut Filipina, diikuti Jepang dan Korea Selatan.
 
1963
·    UNTUK kali pertama Indonesia menduduki peringkat kedua. Itu terjadi di Ganefo I di Jakarta. Di final Indonesia dikalahkan Cina.
 
1964
·    TIMNAS di bawah asuhan Bob Ackerman, menempati posisi 10 dari 10 peserta pada Pra-Olimpiade 1964.
 
1965
·    DI Jakarta digelar Turnamen Dasawarsa Konferensi Asia Afrika. Indonesia merebut posisi keempat di bawah Cina, Korea Utara, dan Kamboja.
 
1966
·    GANEFO Asia I diadakan di Kamboja. Indonesia seperti pada Ganefo di Jakarta, merebut perak setelah dikalahkan Cina. Posisi ketiga direbut tuan rumah.
 
1967
·    HASIL cukup membanggakan dibuat Indonesia pada Kejuaraan Asia di Seoul, Korea, 21 September-1 Oktober. Indonesia masuk empat besar dari 10 peserta setelah mencetak empat kali kemenangan.
 
1968
·    INDONESIA menampilkan pada Pra-Olimpiade di Konterrey, Meksiko, mencetak sekali kemenangan atas Australia 58-51, Indonesia duduk di posisi keempat dari lima peserta.
 
·    JUARA. Itulah hasil yang dicapai Indonesia pada sebuah turnamen terbuka di Jalisco, Meksiko. Di final Indonesia mengalahkan Australia.
 
1970
·    Untuk pertama kalinya Indonesia menyertakan tim putri pada kejuaraan Asia (ABC). Kali ini, pada penyelenggaraan ke-3 di Kuala Lumpur, 30 oktober – 11 November, prestasi tim terbilang lumayan, duduk di posisi ke-5 dari 10 peserta.
 
·    INDONESIA merebut perunggu putra pada Pesta Sukan di Singapura, di bawah Cina Taipei dan Thailand.
 
1972
·    TIM putri  Indonesia menduduki peringkat 4 dari 5 peserta Kejuaraan Asia IV di Cina Taipei, 18-26 November.
 
1973
·    INDONESIA duduk diperingkat 8 dari 12 peserta Kejuaraan ABC VII di Manila, Filipina, 1-14 Desember.
 
1977
·    HADIR pada Kejuaraan Asia IX di Kuala Lumpur, 28 November – 10 Desember, Indonesia menduduki posisi 13. Juru kunci diduduki Srilangka.
 
1978
·    PADA Kejuaraan Asia VIII di Hongkong, 13-12 September, tim putri Indonesia Cuma bisa menduduki peringkat 9. Hadir 10 negara. Posisi terakhir diduduki Srilangka.
 
1979
·     TIM putri Indonesia merebut medali perunggu pada SEA Games X di Jakarta, di bawah Malaysia dan Thailand.
 
1983
·    INDONESIA menghadirkan tim pada kejuaraan Asia XII di Hongkong, 20-29 November. Tapi, kali ini timnas hanya mampu bercokol di posisi 12.
 
1986
·    POSISI juru kunci dialami tim putri Indonesia pada Kejuaraan Asia XI di Kuala Lumpur, 1-8 Juni.
 
1987
·    KEJUARAAN Bola Basket ABC XIV di Bangkok, 14-27 November. Putra Indonesia di posisi 12, juara direbut Cina, Korea, dan Jepang.
 
1988
·    KEJUARAAN Antarperkumpulan Asia III, 9-16 April. Asaba di posisi ke-6. SWIFT PABL (Filipina) juara, diikuti Liao Ning (Cina), dan Samsung (Korea).
 
·    TIM yunior Cina juara Pelita Jaya Internasional Basketball Tournament, 22-29 Oktober, disusul Overland Shooters (AS), dan timnas Filipina, Asaba Jakarta di posisi keenam, diikuti Halim Kediri, Pelita Jaya, dan Kumala Jaya Semarang.
 
1989
·    URUTAN pada Angsapura Trophy III, 21-28 Januari: 1. Pahang State (Pahang, Malaysia), 2. Young One Sport Club (Penang, Malaysia), 3. Thai Union (Thailand), 4. SCDF (Singapura), 5. Halim (Kediri), 6. Tarumatex (Bandung), 7. Angsapura (Medan), 8. Banjar Utama (Banjarmasin).
 
·    TIM yunior Indonesia di posisi 10 pada Kejuaraan Asia Yunior Putra X di Manila, 24 Januari – 2 Februari. Gelar juara direbut Cina, Cina Taipei, dan Filipina. Seluruhnya, hadir 16 tim.
 
·    INDONESIA bercokol di tempat keempat Kejuaraan Pelajar ASEAN V di Bangkok, 18-23 juni. Thailand merebut gelar, ditempel Malaysia dan Singapura. Di kelompok putri, Indonesia juga berada di posisi keempat dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura merebut posisi pertama sampai keriga.
 
·    TIM SEA Games Indonesia merebut perunggu Turnamen Piala Kemerdekaan IV, 25-30 Juni di Jakarta. Gelar juara dan runner-up direbut Filipina dan Korea.
 
·    DARI 15 peserta Kejuaraan ABC putra XV, 15-24 September di Beijing, Indonesia Cuma bisa berada di posisi 14. Cina, korea, dan Cina Taipei tampil sebagai juara. Satu-satunya kemenangan Indonesia, 84-41, direbut atas tim Bangladesh.
 
·    Di Kuwait, pada Friendship and Peace Games 30 Oktober – 12 November, Indonesia menduduki posisi buncit, delapan. Kekalahan mencolok Indonesia terjadi ketika Yordania menang 117-66.
 
·    MEDALI perunggu berhasil diraih tim Indonesia pada the 19th Triennial Intervarsity Games di Jakarta, 11-16 November. Gelar juara dan running-up disabet Malaysia dan Singapura. Posisi yang sama juga di bagian putri.
 
·    MEDALI perunggu juga direbut tim putri Indonesia pada SEA Games di Kuala Lumpur.
 
1990
·     TIM putri Indonesia yang tampil dalam Kejuaraan Asia XIII di Singapura, 11-17 Maret, masuk kategori B. di kategori itu, Yulisa dan kawan-kawan duduk si peringkat keempat. Juara di Indonesia ini di rebut Korea Utara. Sedangkan kelompok A diambil CIna.
 
·    INDONESIA menyertakan empat tim di turnamen Angsapura Trophy ke-4 di Medan, 24-31 Maret. Posisi selengkapnya: 1. Bes Engineering Cooperation (Cina Taipei), 2. Thai Farmers Bank (Thailand), 3. Halim (Kediri), 4. Asaba (Jakarta), 5. SCDF (Singapura), Pahang State (Malaysia), Analisa (medan) dan Pyramid Unta (Medan).
 
·    LIONING AG dari Cina merebut gelar Kejuaraan Antarklub Asia IV di Jakarta, 19-25 Juni. Runner-up direbut Bank of Korea, lalu Kazma (Kuawait). Wakil Indonesia, Halim (Kediri), terperosok ke posisi enam dari tujuh peserta.
 
·    BANJAR Utama Banjarmasin merebut gelar juara Turnamen Jawa Pos I di Surabaya, 25-30 Agustus. Tempat kedua direbut Johor (Malaysia), lalu Siau Lin (Singapura). Gelar putri direbut Halim (Kediri), disusul CLS (Surabaya) dan Golden Hand (Surabaya).
 
·    TIM putra-putri yunior Indonesia ambil bagian di Kejuaraan Asia Yunior XI, 25 Agustus – 2 September di Nagoya, Jepang. Dari 13 peserta, tim putra Indonesia berada di posisi 12, sementara tim putri di posisi Sembilan dari 10 peserta.
 
·    ENAM tim putra hadir di Turnamen Piala Bank Swadesi II di Surabaya, 18-23 September. Juaranya 1. Goyu (Filipina), 2. Asaba (Jakarta), 3. Asia Electric (Singapura). Gelar putri masing-masing: 1. Halim (Kediri), 2. Ubaya (Surabaya), 3. Sahabat (Surabaya).
 
1991
·    TIM Indonesia tak masuk dalam tiga besar Piala Angsapura V di Medan, 31 Maret – 6 April, gelar juara direbut Shantou (Cina), BEC (Cina Taipei), dan Maba (Malaysia).
 
·    PEBASKET-pebasket pelajar putra-putri Indonesia menjadi runner-up Kejuaraan Pelajar ASEAN di Bagiao, Filipina. Kejuaraan diikuti lima Negara.
 
·    PADA Kejuaraan ABC XVI di Kobe, Jepang, tim putra Indonesia berada di posisi 14 dari 18 peserta.
 
·    MEDALI perak berhasil direbut tim basket putri Indonesia pada SEA Games XVI di Manila 1991. Tapi, tim putra Indonesia menjadi juru kunci dari 5 negara peserta.
 
1992
·    PELITA Jaya, wakil Indonesia pada Kejuaraan Internasional Piala William Jones di Cina Taipei, 2-12 Juli, menjadi juru kunci dari 10 peserta.
 
·    POSISI keenam dari 14 negara, itulah hasil tim yunior putra Indonesia pada Kejuaraan ABC Yunior di Beijing, Cina. Tim putri masuk peringkat 7 dari 10 peserta.
 
1993
·    TIMNAS Indonesia asuhan pelatih Cina Hu Shesun menduduki posisi ke-5 dari 13 negara pada Kejuaraan ABC U-22 di Hongkong.
 
·    DUA perunggu direbut tim putra-putri SEA Games XVII Singapura di bawah asuhan Shesun. TIM Shesun yang tampil pada Kejuaraan ABC XVII di Jakarta, Cuma bisa masuk peringkat 12 dari 18 peserta.
 
1995
·    PADA Kejuaraan Bola Basket Asia (ABC) XVI di Shizuoka, Jepang, tim putra Indonesia menduduki posisi juru kunci dari 12 negara peserta.
·    TIM putri Indonesia di SEABA I di Suratthani, Thailand, merebut posisi keempat dari Sembilan peserta.
 
1996
·    REGU Indonesia merebut gelar juara pada SEABA II di Surabaya. Untuk kali pertama Indonesia mengalahkan Filipina yang kali ini menduduki posisi runner-up.
 
1996
·    REGU Indonesia merebut gelar juara pada SEABA II di Surabaya. Untuk kali pertama Indonesia mengalahkan Filipina yang kali ini menduduki posisi runner-up.
 
1997
·    TIM Aspac Jakarta merebut posisi ketiga di bawah Regal (Hongkong SAR) dan KIA Timor Motors (Korea Selatan) pada Kejuaraan antarklub Asia VIII di Jakarta.
·    TIM Putri Indonesia meaih medali perunggu pada SEA Games XIX di Jakarta setelah final mengalahkan Filipina 68-65.
 
1998
·    MEWAKILI Indonesia, tim Panasia Indosyntec menduduki peringkat 9 dari 10 negara pada Kejuaraan Antarklub Asia IX di Kuala Lumpur.
 
1999
·    TIM SEA Games putra merebut perunggu pada uji coba di SEABA President Josep Estrada Cup di Manila. Gelar juara dan runner-up direbut Filipina dan Singapura.
·    TIM Nasional ke SEA Games XX di Brunei Darussalam, Indonesia merebut perunggu setelah dalam enam kali bertanding mencetak empat kemenangan dengan dua kali kalah. Gelar Juara direbut Filipina, runner-up Thailand.
 
2000
·    MEWAKILI Indonesia, klub Mahaka Satria Muda merebut posisi 8 pada Kejuaraan Antarklub Asia di Lebanon.
 
2001
·    TIM putra merebut perak pada SEA Games XXI di Kuala Lumpur. Inilah medali perak pertama putra, sekaligus kado bagi HUT ke-50 PB Perbasi. 
 
sumber : perbasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar